Thursday, April 12, 2007

Tips untuk AstroCamp atau StarParty

Bagi yang belum pernah mengikuti atau pun sudah pernah mengikuti AstroCamp atau StarParty, berikut ada beberapa tips dari saya:

1. Siapkan baju hangat yang praktis

Yang namanya kegiatan pengamatan semacam AstroCamp biasa terjadi pada malam hari. Sekalipun dilakukan di daerah tropis seperti Indonesia, yang namanya malam hari tetaplah dingin dan ini membuat panas tubuh Anda terbuang keluar. Karenanya siapkanlah baju hangat seperti halnya sweater atau jaket. Selimut atau pun sarung dapat juga digunakan, hanya saja agak kurang praktis.

2. Siapkan peralatan yang memadai

Minimal Anda perlu bawa diri (tentunya). Sebagai penerangan, bawalah senter yang ditutupi kertas/plastik merah agar intensitas cahayanya berkurang. Fasilitas lain biasanya sudah disediakan oleh pihak penyelenggara tapi tidak ada salahnya Anda bawa sendiri peta bintang, binokuler, atau teleskop. Jangan lupa untuk menjaganya karena tidak semua orang dalam AstroCamp atau StarParty Anda kenal baik.

3. Siapkan makanan & minuman yang cukup

Sebaiknya Anda sudah makan sebelum memulai kegiatan ini. Sebagai pengganjal lapar di kala malam, sediakan pula cemilan yang memadai. Sediakan pula minuman dan sebaiknya jika ada minuman hangat semacam susu, teh atau kopi. Sangat disarankan untuk minum susu karena kegiatan ini cukup menguras tenaga dan nutrisi tubuh Anda. Hindarkan merokok karena akan menguras oksigen yang menyebabkan Anda menderita kelelahan yang amat sangat pada hari berikutnya.

4. Siapkan dokumentasi

Dokumentasi ini bukan berarti foto atau video, melainkan lebih berupa catatan-catatan tentang pengamatan dalam kegiatan ini. Hal ini akan melatih jiwa keilmiahan Anda.

Semoga bermanfaat!

-Adi Nugroho-

No comments: