Thursday, April 12, 2007

Memilih Tempat Pengamatan Langit Malam

Pengamatan langit malam dapat dilakukan di mana pun. Syaratnya sebenarnya hanyalah seberapa jelas kita dapat melihat benda-benda langit semacam bintang atau planet di kala malam. Permasalahannya adalah di manakah tempat itu berada? Berikut tips-tips yang dapat membantu:

1. Sejauh mungkin dari pusat keramaian
Pusat keramaian seperti halnya sebuah kota atau pun perumahan dapat diartikan sebagai pusat polusi cahaya berada. Polusi cahaya ini tak hanya membuat pemandangan langit malam terganggu tapi juga membuat mata Anda tidak dapat menangkap cahaya-cahaya yang lebih redup. Sebagai contoh, di Jakarta Pusat yang terang benderang tak akan Anda temukan objek seperti Nebula Orion, tapi cobalah pergi ke pedalaman Kalimantan maka tak hanya Nebula Orion tapi juga keseluruhan Bima Sakti.

2. Semakin tinggi semakin baik
Pengamatan yang baik biasanya terjadi di tempat yang tinggi seperti halnya gunung. Bukan karena dinginnya tempat ini menjadi tempat yang baik melainkan karena lebih sedikitnya kelembaban di daerah itu. Lebih sedikit kelembaban berarti lebih sedikit uap air yang dapat menghalangi pandangan. Biasanya uap-uap air akan cenderung lebih terkonsentrasi di daerah rendah karena uap air ini memiliki massa jenis yang lebih tinggi dari udara kering. Hindari juga tempat seperti lembah karena tempat ini akan berfungsi seperti kolam uap air raksasa.

3. Semakin kering semakin baik
Seorang teman mengatakan dapat melihat bintang sedemikian banyak di sekitar kota Jerusalem di Timur Tengah. Meskipun Jerusalem adalah pusat kota yang cukup terang, namun karena keringnya Timur Tengah, cahaya-cahaya kota ini tidak tertangkap oleh adanya uap air dan tidak terhalangi oleh uap air. Tak hanya uap air, tapi juga awan akan lebih sedikit muncul di tempat-tempat yang kering. Tentunya Anda tak harus ke Jerusalem untuk menikmati gersangnya alam jika tinggal di Indonesia, daerah timur Indonesia cukup untuk dapat membuat Anda melihat langit malam lebih jelas.

4. Pertimbangkan akses ke fasilitas umum
Fasilitas umum yang dimaksud antara lain seperti halnya jalan, tempat ibadah, sarana komunikasi, dll. Maksudnya adalah memberikan kenyamanan kepada peserta.

5. Pertimbangkan keamanannya
Tentunya semua ingin kegiatan berlangsung dengan baik bukan? Pertimbangkanlah keamanan tempat pengamatan. Akan lebih baik jika ada layanan keamanan selain daripada tempatnya sendiri yang memang aman.

Demikian semoga membantu

-Adi Nugroho-

No comments: